Mengartikan Sebelah Mata

Desember 22, 2017



sebelah mata

SEBELAH MATA



Sebelah mataku yang mampu melihat
Bercak adalah sebuah warna warna mempesona
Membaur suara, dibawanya kegetiran
Begitu asing terdengar

Sebelah mataku yang mempelajari
Gelombang kan mengisi seluruh ruang tubuhku
Terbentuk dari sel akut
Dan diabetes adalah sebuah proses yang alami

Tapi sebelah mataku yang lain menyadari
Gelap adalah teman setia
Dari waktu waktu yang hilang

Sebelah mataku yang mempelajari
Gelombang kan mengisi seluruh ruang tubuhku
Terbentuk dari sel akut
Dan diabetes adalah sebuah proses yang alami

Tapi sebelah mataku yang lain menyadari
Gelap adalah teman setia
Dari waktu waktu yang hilang




SEBELAH MATA

Adalah lagu lawas dari band indie yang beranggotakan Cholil Mahmud (vokal utama, gitar), Adrian Yunan Faisal (bass, vokal latar), dan Akbar Bagus Sudibyo (drum, vokal latar). Sedangkan lagu di atas adalah ciptaan dari sang Bassist. Walaupun dirilis tahun 2007, tapi gue baru benar-benar mendalami artinya setelah berulang-ulang, setiap hari nemenin waktu kerja gue. Di dalam lirik lagu ini ada kata "Diabetes", apa maksudnya? Trus apa hubungannya dengan "sebelah mata"? Beberapa teman yang demen lagu-lagu indie akhirnya ngasih info bahwa sang Bassist ERK ternyata menderita gangguan mata. So, dari cara pandangnya tentang penyakit yang ngejangkitin dia itu maka terciptalah lagu ini.

Melalui lagu ini, Adrian Yunan Faisal pengen sharing tentang keadaannya. Dia kena gangguan penglihatan. Perlahan pengelihatannya kabur dan timbul bercak pada matanya. Adrian ngegambarin kekurangannya tsb menjadi sebuah keindahan yang gak dimiliki orang lain, menilai sebuah kekurangan atau kelemahan menjadi sebuah kelebihan. Pada akhirnya, lagu ini ngajak kita buat melihat sisi positif dari setiap hal baik dan buruk yang kita lewati dan menjadikannya alasan bagi kita untuk tetap bersyukur, bukan malah mengeluh dan berputus asa ama keadaan. Kemudian kembali lagi ke kata "diabetes" yang tadi dipertanyakan. Apa hubungan diabetes dengan gangguan penglihatan yang diderita Adrian?





DIABETES

FYI, diabetes yang gak segera ditindak bakalan meluas hingga ke daerah mata dan bikin bercak ampe mata mengalami penurunan penglihatan bahkan kebutaan. Fase ini udah bisa dibilang akut atau kronis. Kok bisa diabetes ngaruh ke mata? Padahal kalau dilihat dari riwayat keluarga dan kesehatan si Penderita gaklah mungkin. Diabetes adalah penyakit yang jadi semacem "pintu" bagi penyakit penyakit lain untuk masuk ke dalam tubuh kita. Hal ini bisa terjadi karna gula darah gak mampu dikontrol dengan baik oleh tubuh para penderita gula darah ini. Sehingga gula berlebih tsb jadi racun atau toksin di dalam tubuh. Racun ini bisa nyerang berbagai organ tubuh kita kayak jantung, hati atau liver, ginjal, dsb. Kemudian nyebabin apa yang kita kenal sebagai komplikasi. Komplikasi inilah yang nimbulin penyakit kayak stroke, hipertensi, dan penyakit jantung. Namun yang cukup berbahaya juga adalah komplikasi yang menyebabkan penderita mengalami buta permanen pada mata penderita melalui sebuah proses yang disebut Retinopati Diabetik.

Retinopati Diabetik ini bahaya banget bahkan tingkat keparahannya berbanding lurus dengan tingkat keparahan diabetes yang diderita. Retinopati ini bakal ngerusak pembuluh darah kecil di retina akibat dari gula darah yang gak terkontrol, nyebabin titik-titik kecil muncul pada pembuluh darah tsb. Pada tahap berikutnya, pembuluh darah di retina mata makin gak lancar akibat titik-titik tadi hingga nyebabin pembengkakan pada makula mata yang tugasnya ngatur penglihatan biar presisi atau jelas. Dan tahap akhirnya, pembuluh darah kecil di retina ini bakal tersumbat yang nyebabin tubuh penderita bereaksi bikin pembuluh darah baru buat ngalirin darah. Tapi pembuluh darah ini rentan rusak dan kalo udah rusak bisa pendarahan. So, inilah yang pada akhirnya bisa nyebabin kebutaan.


Happy Blogging & Keep On Fire!



2017 @ Andi / Eksak
img scr: http://kanaltigapuluh.info

You Might Also Like

8 komentar

  1. Peh, lama banget nggak muncul bang
    Hiatus kah?

    Btw, masih setia aja ya sama nama blog eksak. Aku yang udah ganti nama2 blog sejak SMA, eh elu masih pake nama eksak sampe sekarang 😆😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, ho oh deh kayaknya ... atau gak tau musti pake istilah apa. Yang penting gue masih eksak ... hehehe

      Hapus
  2. Jadi pengen dengerin lagu payung teduh. Sepertinya aku nggak sengaja kesini tadi dari blog Teh Rhoshandhayani..hehe
    Ya, udah, btw, salam kenal ya..

    BalasHapus
  3. BW an dibeberapa lapak blogger, theme nya pada diabetes. Kompakan? Apa ini lgi kontes yah? Peringatan haru diabetes nasional? #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue malah gak tahu, posting tinggal posting aja sih :)

      Hapus
  4. Yup, pada kekurangan, ada kelebihan yang bisa kita simak.
    BTW, penasaran sama gambarnya. Script-nya kayak apa ya bisa begitu gambarnya?

    BalasHapus