The People: Susi Stories

November 03, 2014


Assalaamu 'alaikum, Sobs! Howdy-do? There are people i miss too much, a place i miss too much, holes i want filled, things i don't understand, battles against my enemy that i don't want to fight, an upcoming rainy season 'em afraid to look in the sky, and emotions that feel both wrong but right but are only feelings.

THE PEOPLE

Orang-orang itu adalah mereka yang bernama Susi. Kenapa gue bilang mereka? Karna ada banyak orang bernama Susi di Indonesia. Nama Susi udah jadi tren sekitar tahun 90-an. Bahkan hampir 3 dari 10 temen cewek yang gue kenal waktu itu, kayaknya bernama Susi. Kesannya ngarang, ya?

Temen SD sebangku gue namanya Susi, cewek tengil yang duduk di pojokan kelas namanya Susi, anak guru agama gue pas SD namanya Susi, guru Tata Boga sekaligus wali kelas gue selama 2 tahun di SMP PL Tlogo Tuntang namanya juga Susi. Bahkan atlet badminton yang sukses ngegondol emas olimpiade waktu itu pun, namanya Susi juga.

"Sus! Sus! Susi ... "

Begitu biasanya orang bernama Susi dipanggil. Masuk tahun 2000-an, kalo masih ada orang tua yang ngasih nama Susi pada anaknya pasti diketawain. Gak tau kenapa sebabnya? Coba elo nanya ama temen elo yang namanya Tarno, eh Susi maksudnya.

And now, nama Susi jadi tren lagi, lagi hangat diperbincangin. Gara-gara Susi sekarang jadi Menteri Perikanan dan Kelautan di Kabinet Kerja-nya Jokowi. Orang rame ngomongin Susi karna latar belakangnya; yang gak tamat SMA, punya tato, suka ngerokok, dan hal-hal urusan personal lainnya.

Sebelum ngebahas lebih jauh tentang Bu Menteri, kayak yang udah gue ketik di atas, ada beberapa nama Susi di Indonesia yang bakal gue share di sini. Moga aja bisa jadi inspirasi, karna mereka berprestasi dan gak niat nyari sensasi.


1. Susi Susanti

Nama panjangnya Lucia Francisca Susi Susanti (Hanzi: 王蓮香, Pinyin : Wang Lian-xiang). Lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, 11 Februari 1971. Siapa yang gak kenal dia? Kecuali elo adalah anak alay yang suka nongkrong di hotspot wifi gratisan, gak nyari info yang bermanfaat tapi malah sosmed kesana-sini geje.

Susi nikah ama Alan Budikusuma, yang sama-sama nyabet emas di Olimpiade Barcelona 1992 . Selain itu, doi juga nyikat perunggu di Olimpiade Atlanta 1996 . (wikipedia)

Susi yang satu ini juga kecatet di Guinness Book of World Records sebagai pebulutangkis cewek yang ngejuarain All England 4 kali berturut-turut; 1990, 1991, 1993, dan 1994.

Keren gak, tuh?



2. Susi KDI

Nama aslinya Tri Susi Indrias Tanti. Lahir di Jepara , 13 Juli 1987, yang lebih dikenal pake nama Ndriaz Suzhy, juga dikenal sebagai Susi KDI 4 , karna sempet ikutan ajang pencarian bakat di TPI. (wikipedia)

Gue masukin ke daftar karna doi adalah seorang penyanyi dangdut Indonesia yang cantik, eh berprestasi. Selain itu karna gue suka dangdut.

Cakep, kan? *eh ...



3. Susi Similikiti

Nama panjangnya Susi Similikiti Weleh Weleh Eaaaa Eaaaa ... Nama aslinya Susiana. ( gak tau TTL-nya, di wiki gak ada) Susi Similikiti adalah nama julukan istri Tukul Arwana. Si Tukul selalu nyebut nama istrinya itu di setiap acara yang dia bawain di beberapa stasiun TV swasta.

Emang sih julukan itu cuma sekadar joke aja, penambah kelucuan si Tukul kalo udah mulai kehilangan kata-kata lucu yang bisa bikin penonton ketawa. Gue juga yakin, Susiana pasti udah rela lahir batin namanya dijadiin sebagai pelengkap kelucuan acara sang Suami, meski cenderung ngerendahin. Belom lagi Susi musti ikhlas kalo ngeliat suaminya lagi ganjen ama bintang tamu, yang penting acara itu laku dan disenengin penonton.

Pertinyiinyi! Pertinyi ... innyii ... nyyiii! Kenapa Susi yang ini juga gue masukin ke daftar? Padahal dia juga jarang nongol di tipi? Fakta Susi Similikiti ini nunjukkin betapa berperannya seorang istri buat karir sang Suami. That's just a joke! Just kidding! Just for laugh! Meski cuma hiburan dan jadi bahan tertawaan, Susi Similikiti berhasil ngedongkrak kepopuleran suaminya di ranah hiburan tsb, hingga bertahan ampe saat ini. Susi Similikiti pun secara gak langsung jadi ikon di acaranya Tukul.

Mantep gak, tuh?



4. Susi Pudjiastuti

Nah, ini nih yang lagi anget-angetnya! Malahan masih kebul-kebul asepnya. XD

Lahir di Pangandaran, 15 Januari 1965. Doi adalah seorang Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014-2019 yang juga pengusaha pemilik dan Presdir PT. ASI Pudjiastuti Marine Product, eksportir hasil-hasil perikanan dan PT. ASI Pudjiastuti Aviation atau penerbangan Susi Air dari Jawa Barat.

Ampe awal tahun 2012, Susi Air udah ngoperasikan 50 pesawat berbagai tipe kayak 32 Cessna Grand Caravan, 9 Pilatus PC-6 Porter dan 3 Piaggio P180 Avanti. Susi Air mempekerjakan 180 pilot, yang 175 di antaranya adalah pilot asing. (wikipedia)

Gak usahlah gue ketikin lagi tentang doi yang kontroversial (yang katanya) suka ngerokok, suka minum bir, gak suka pake bra, punya tatto, poliandri, lulusan SMP dsb. Karna lagi jadi trending di internet, pastinya udah banyak yang ngebahas juga. Baik yang pro maupun yang kontra. Elo bisa ubak-ubek sendiri di gugel.



Itu foto doi (kanan), ngemper di pojok tepian both Rolls Royce waktu Singapore Air Show tahun 2010. Kalo gue ngemper paling ngerokok sambil beli ale-ale atau teh gelas. Nah, kalo doi ngemper malah belanja 23 Cessna Grand Caravan, 5 Pilatus PC-6 Porter, 3 Piaggio P180 Avanti II ama 2 Agusta Helicopter!

Whateverlah mo gimana doi yang penting kalo udah jadi menteri bisa ngebawa Indonesia ke arah yang lebih baik. Aamiin ...

Sebenernya ada satu Susi lagi, Sob yang pengen gue masukin ke daftar. Doi bercerita tentang gimana suaminya bekerja dengan luar biasa, gak pernah lepas mikirin rakyat ampe bikin gak bisa tidur nyenyak. Doi juga ngerasa terhina dan sedih ketika suaminya dianalogi'in sebagai kerbau dalam sebuah demonstrasi. Doi juga yang mati-matian ngejawab semua kecaman terhadap suaminya biar gak disalahpahamin. Yups! Siapa lagi kalo bukan Ani Susilo Bambang Yudhoyono?



Cuma karna Ani jadi istri dari seorang SBY makanya nama doi ada Susi-nya. Coba kalo jadi istrinya Tukul pasti jadi Ani Arwana atau Ani Similikiti. Belum lagi kalo jadi istrinya Kak Rhoma, pasti jadinya Annihh!

Gak Ani, gak Susi, mereka adalah representasi dari para perempuan yang jadi side-kick sang Suami. Dukungan mereka yang maksimal pada suami emang udah selayaknya, apalagi suami mereka adalah seorang public figure yang jadi sorotan di mana-mana. Baik buruknya sang suami, dukungan itu musti tetep ada meski harus ngorbanin harga diri mereka.

Salut buat mereka semua! Dan mereka adalah the people i miss too much untuk berprestasi demi kejayaan Indonesia. Buat para Susi yang gak masuk daftar, harap dilaporin di kotak komentar.

Happy Blogging, Happy Monday 'n Keep On Fire!
Wassalaam ... ;)

(gdg=gambar dari gugel)

You Might Also Like

16 komentar

  1. hahhaa bisa aja, susi susi, susi itu sejenis makanan kan mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan tapi sejenis rokok elektrik! *lhah happy

      Hapus
  2. postingan yang super mas, matap

    BalasHapus
  3. tentang susi yg jadi menteri, saya malah baru tau kl dia suka ngebir juga, gak suka pake bra dan poliandri..
    gak pentinglah ya sak bahas yg jeleknya, kita ambil pelajaran ttg kerja kerasnya dan keberhasilannya, daripada kita ikutan bahas kejelekannya emangnya kita wartawan infotainment yg kayak siliiit?


    ada lagi sak susi yg terkenal,
    susi wow wow wow susi,
    suami sien istri..
    #capekdeh

    BalasHapus
  4. aku ya ndue kanca jenenge SUSIANA

    BalasHapus
    Balasan
    1. susiana iku pemain pilem roro kidul! spoiled

      Hapus
  5. banyak juga nama susi yang terkenal ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, banyak banget ... :) pleased

      Hapus
  6. Pas baca saya malah langsung membayangkan susi (sushi)
    yammm yaamm

    BalasHapus
    Balasan
    1. susi yam yam emang ada? penyanyi dangdut ya? drunk

      Hapus
  7. wah, jadi pingin nyanyi
    susi~ o wo wo susi~

    BalasHapus
  8. berbagai macam susi yaa .wkwkwks

    BalasHapus
    Balasan
    1. berbagai macam juga obatnya ... omg

      Hapus