Perspektif Mujtahid | Taqrir Al Istinad Fi Tafsir Al Ijtihad
November 03, 2012
Assalaamu 'alaikum, Sobat! Malming
telah tiba... Malming telah tiba... Hore! Hore! Apaan sorak-sorak?
Kayak bocah aja! Ckckck... Tanpa punya maksud buat ngerusak malem Minggu elo, gue pengen nyuguhin sebuah resensi yang beda dikit.
Bedanya, yang biasanya jadwal resensi gue hari Jum'at, sekarang geser
dikit ke malem Minggu. Bedanya lagi, ya kitab yang gue angkat ini
pastinya beda ama sebelomnya. Maca' cama? Kan gak keyen! Kalo malem
Jum'at, elo pengajian, siraman rohani, kumpul-kumpul di mushola itu
mainstrem banget alias udah biasa. Kalo malem minggu, elo hang out,
jalan ama gebetan, malmingan itu juga udah terlalu mainstream! So, di
malming ini coba kita ngerutin dahi dikit atau bikin muka ditekuk
sejelek mungkin, supaya doi males ngajak jalan, trus elo bisa baca
coretan gue ini! Bhahaha, ngarep banget si gue ini!
Buat elo yang suka browsing buat
ngartiin atau nafsirin satu ayat dari Qur'an, mungkin elo gak asing
lagi ama yang namanya Kitab Tafsir Jalalain. Tapi buat elo yang lebih
seneng hunting di toko buku, versi Indonesia dari kitab ini jarang
banget. Paling juga ada Tafsir Qur'an versi Quraish Shihab. :) Balik
ke Tafsir Jalalain, kitab ini adalah hasil kristalisasi hati dan
pikiran dari Jalaludin As-Suyuthi. Tapi bukan Tafsir Jalalain ini
yang bakal gue resensi, Sob! Karna terus terang gue belom pernah
ngekhatamin kitab tafsir ini. ;)
Jalaludin Suyuthi adalah sosok sarjana
Islam klasik yang ngetop di kalangan kampus spiritual (baca:
pesantren). Buat para mahasiswa (baca: santri), Imam Suyuthi akrab
dikenal karna mayoritas sekolah yang ada di bawah naungan pesantren
ngejadiin buku-buku Imam Suyuthi sebagai kurikulum. Gagasan-gagasan
Imam Suyuthi yang udah mengkristal dalam ratusan karyanya banyak
dikaji di lingkungan pesantren. Di antaranya adalah Tafsir Jalalain
(yang tadi gue singgung di atas), Jami’ Ash-Shagir (kamus hadis),
Uqudul Juman ( buku tentang sastra arab), Asybah wa An Nadzair
(kaedah fikih) dll.
Tapi ada salah satu buah pena Imam
Suyuthi yang keliatannya luput dari perhatian. Padahal karya ini juga
gak kalah keren ama karya-karya Imam Suyuthi yang lain. Sebuah
risalah kecil yang berjudul Taqrir Al-Istinad Fi Tafsir Al Ijtihad.
Kitab tsb diterbitin bareng ama karya-karya ulama lainnya dalam
bentuk bundel oleh penerbit ternama, Darul Kutub Ilmiah Beirut
Lebanon. Mukadimah kitab ini nampilin biografi singkat Imam Suyuthi.
Nama lengkapnya adalah Jalaluddin Abdul Rahman bin Kamal bin Abu
Bakar Muhammad bin Sabiq al Din, al Khudhairi al As-yuthi al Syafi’i.
Nama yang dikasih ama ortunya saat umur Beliau tepat tujuh hari.
Beliau lahir malam Minggu (tepatnya abis maghrib) pada bulan Rajab
849 H. Sementara Beliau wafat pada jum’at pagi, 19 Jumadil Ula 911
H. Imam Suyuthi udah norehin prestasi gemilang dalam karir
intelektualnya karna Beliau udah ngehasilin 500 kitab dari berbagai
disiplin ilmu.
Di bagian awal, Imam Suyuthi ngejelasin
bahwa ijtihad adalah suatu kewajiban. Lihat gambar gue di atas!
Kata-kata itu gue ambil di hlm. 3 dari kitab ini. Tapi ijtihad adalah
kewajiban kolektif (fardhu kifayah). Jadi kalo udah ada yang
ngelakuin, so gugurlah kewajiban yang lain. Kalo gak ada stupun orang
yang ngelakuin, ya eluruh umat manusia nerima dosanya. ;( Buat
nguatin pendapatnya, Imam Suyuthi ngegandeng cendekiawan lain yang
senada ama Beliau yaitu Az Zarkasyi dan Asy Syahrastani.
Pada bab berikutnya, Imam Suyuthi
berstatement bahwa setiap zaman gak boleh lekang dari mujtahid.
Beliau ngutip pendapat Hanabilah yang bilang kalo setiap masa harus
ada mujtahid, baik mujtahid mutlaq (independen) atau pun mujtahid
muqoyyad (afiliatif). Beliau juga nyebutin ulama dari kalangan
Syafi’iyah yang setuju ama Beliau. Di antaranya pendapat Ibnu Daqiq
Al’id, Muhibuddin (ayah Ibnu Daqiq), Imam Nawawi dalam Majmu’nya
serta para pemikir yang lain. Bahkan sebagian Ulama bilang kalo
ijtihad di zaman ini jauh lebih gampang ketimbang di masa-masa awal.
Hal ini karna perangkat ijtihad (ushul fikih, hadis dll) udah
terkodifikasi dengan baik sehingga gampang aja buat dirujuk. Berbeda
saat masa-masa awal di mana gak satupun peralatan ijtihad yang
terbukukan. (hlm 5).
Syarat-syarat berijtihad pun dikupas
abis dalam kitab ini. Imam Suyuthi ngejabarin persyaratan ijtihad
secara komprehensif. Dalam kitab ini juga ditampilin syarat ijtihad
menurut Asy Syahrastani, Ar Rofi’i, An Nawawi, Al Ghazali, Abu
Manshur Tamimi, Ar Rozi, Armawi, dan Ibnu Shalah. Selanjutnya, Imam
Suyuthi menyebutkan syarat ijtihad menurut versi Beliau sendiri.
Gimanakah seseorang bisa tau kalo dirinya udah nyampe pada derajat
mujtahid ?. Trus gimana orang awam tau kalo seorang intelektual udah
berhasil nyabet predikat mujtahid ?. Temuin jawabannya dalam kitab
ini!. :)
Ups! Moga gak telat! Udah pada tau apa
itu Mujtahid, kan Sob? Mujtahid adalah orang yang berijtihad. Apa sih
ijtihad? Gak lepas dari kata ijtahada yang artinya ialah:
bersungguh-sungguh, rajin, giat. Sedang kalo kita ngebongkar makna
kata jahada, artinya adalah mencurahkan segala kemampuan. Atau pasti
udah familiar ama Man jada wa jada? Itu juga satu turunan kata dari
kalimat ini. So, menurut bahasa, ijtihad adalah berusaha atau
berupaya dengan sungguh-sungguh. Perkataan ini tentu aja gak bakalan
dipake dalam sesuatu yang gak mengandung kesulitan atau sesuatu yang
gampang-gampang aja. Mujtahid dalam perspektif Imam Suyuthi adalah
pembaharu (mujaddid) agama. Mujtahid adalah case solver! Hal ini
dipahami dari sebuah hadits:
”Dari Abu Hurairah r.a. katanya bahawa Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah mengutus pada umat ini di setiap awal 100 tahun seorang (mujaddid) yang akan memperbaharui urusan agama mereka.” (Riwayat Abu Daud)
Sebagai pembuktian, Imam Suyuthi nulis
siapa saja yang udah di utus oleh Allah pada setiap seratus tahun.
Mereka adalah :
1. Khalifah Umar Ibnu Aziz (mujaddid pertama, datang pada awal kurun kedua Hijrah)
2. Imam Syafi'ie
3. Imam Abu Hassan Asy'ari dan Ibnu Suraij Al Iraqi
4. Imam Al Baihaqi dan Syeikh Abdul Hamid Isfaraini Asy Syafi'ie
5. Imam Al Ghazali
6. Imam Fakhrurrazi
7. Ibnu Daqiqi Al ‘Id
8. Al Balqini
Bahkan sebagaimana yang terlansir
dalam karyanya yang lain, Imam Suyuthi berharap Beliaulah yang jadi
pembaharu pada ratus tahun yang kesembilan. Dan itu bener-bener
terbukti, Imam Suyuthi jadi mujtahid yang ke 9! :) Menurut referensi yang gue dapet
di literatur laen, Sekurang-kurangnya ada 13 mujtahid yang datang di
setiap awal kurun Hijriyah yang udah berlalu selama 14 abad sejak
kewafatan Rasulullah SAW. Trus di 100 tahun setelah Imam Suyuthi ada:
10. Imam Muhammad Ar Ramli11. Abdullah Salim Al Basri
12. Ad Dardiri
13. Asy Syarqawi
Sedangkan pada ratus tahun
terakhir kelak akan turun Nabi Isa Al-Masih.
Hmmm... Gue gak maksa elo buat
baca uraian ini. Yang pengen malem mingguan, silahkan aja Sob! :)
Tapi sedia payung sebelom ujan ya! Lagi musim, nih! Kan gak enak
kalo basah kuyup di jalan... :) Kayak kitab ini yang gue bilang
laksana siraman air ujan di tengah kemarau panjang. Hehehe, ...Di
tengah problematika kontemporer yang terus melaju kencang dan butuh
jawaban dengan segera. Butuh ’ijtihad’ baru buat ngerespon
berbagai kasus.
Para mujtahid atau mujaddid
sebenarnya adalah umpama para nabi di zaman dulu. Peranannya bukan
ngebawa syariat baru. Mereka cuma nyampein syariat Rasulullah buat
tiap seratus tahun sekali biar setiap umat sepanjang 100 tahun itu
dapet sentuhan Nabi melalui mereka ini. Trus, sekarang seharusnya
udah masuk kurun 14, kan? Siapakah The Next Mujtahid? .Bisa aja
ulama dari Indonesia. Kan? Atau mungkin elo? Kalo gue gak kalee,
ya..! Hehehe, musti dapet dukungan SMS biar bisa kepilih! Eh,
ngawur, ding! :p Well, kita serahin aja semua ini pada Allah SWT...
Karna Dia Yang Maha Tau apa yang terbaek buat umat-Nya! Aamiin...
Terakhir, kepada Imam Suyuthi, ucapan terima kasih yang tiada
terkira! :) . Selanjutnya, biarlah kami yang ’berijtihad’!!.
Happy Weekend, Happy Blogging 'n
Keep On Fire!
Wassalaam... :)
Judul Kitab : Taqrir Al Istinad Fi Tafsir A; Ijtihad
Penulis : Jalaluddin Suyuthi
Penulis : Jalaluddin Suyuthi
Teks : Arab
Penerbit : Darul Kutub Al-Ilmiah
Tebal Buku : 25 hlm.
Penerbit : Darul Kutub Al-Ilmiah
Tebal Buku : 25 hlm.
30 komentar
saya pernah baca, jika seorang mujtahid berijtihad, maka jika dia benar pahalanya dua, terus kalau salah satu. nah pertanyaannya, sekarangkan banyak ulama yang berijtihad tapi bo ya kesannya malah mengotak-atik ayat,
BalasHapuswhat your opinion?
Yups! Bener bgt! Itu hadits! Tapi ijtihad bukan smata-mata kebebasan berpendapat atau kelihaian mengotak-atik suatu dalil hingga tercetuslah suatu hukum. ;-)
HapusAda teori2 njlimet di balik ijtihad. Hanya yg bener2 mujtahid yg paham akan hal itu, bukan skedar ulama yg ngaku2 mujtahid. Dalam fiqih mereka disebut pembaharu agama jalur lamban, gak bener2 mujtahid yg ditunjuk Allah! ;-)
nice post :)
BalasHapuskunjangan balikx ea.
Nice comment! :-)
HapusHm..... Postingan serius nih, kudu ambil kacamata dulu, duduk manis dan simak dengan penuh konsentrasi.... :)
BalasHapusNtar balik lagi ya Sak... mau nonton TV dulu... hihi...
Kemana nih kamu malmingnya bro?
Silahkan, Al! :-) malming gak kemana-mana, kok! Cuma nikmatin hujan di serambi rumah sambil ngebolak-balik lembar demi lembar kitab usang! Gejejeje...
Hapusalhamdulillah jadi belajar agama.. Thanks brotha..
BalasHapusUr welc0me, brader! Moga2 manpaat... B-)
Hapusthe new mujtahid ??? Insya Allah salah satu dr RaDiAL...aamiin
BalasHapusInsya Allah! ;-)
Hapus.. km punya buku nya kah sak?!? ..
BalasHapusPunya, donk! Hehehe, pengen?
Hapus.. hu um sak,, bagi^ donk. he..86x ..
Hapussini donk, phie? Hehehe
Hapus.. sini tuch kemana sak?!? nich aq udah disini. he..86x ..
Hapussini ke istanaku! Aku lagi cari selir... Bhahaha
HapusSy ngefans sama al Ghazali, buku2nya banyak beredar di kalangan awam di Indonesia. Kalo sama imam Suyuthi, memang gak familiar walau sesekali nemu namanya di bacaan2.
BalasHapusEmg karya2 imam suyuthi jarang beredar kecuali yg berteks arab, beda ama karya2 imam ghozali kayak ihya 'ulumuddin yg gampang dijumpai dlm teks indonesia! ;-)
Hapuswah keren pembahasannya, sepertinya ente sudah akrab dengan ini. Ane dulu sempat mau ngaji tafsir jalalain, tapi cuma sempat beli kitabnya aja. ilmunya belum mumpuni jadinya belum bisa ikut. ane padahal penasaran banget pengen ngaji QUROTUL UYUN
BalasHapusHahh! Wait! Belinya tafsir jalalain kok malah penasarannya ama qurrotul 'uyun? Bhahaha, ngepot jauh bgt! ;-)
Hapusterlepas dari artikel yang dituliskan ato bisa dibilang cukuplah buat ngikutin seluruh komentarnya, gue berbalik buat ngelirik template elo sak! udah agak enakan nih mata gue ngebaca tulisannya. berarti body postingnya udah white.
BalasHapusBhahaha, template lagi, template lagi! Pengamat template bgt deh bung penho ini! So, kalo udah enakan, it's ok lah! Makasih atas perhatiannya, bung... :-)
Hapuswah terlalu dalem gan ane gak kuat baca ginian :D
BalasHapusHiperbolis bgt, seeehh! ;-) dalem kayak apa, gak kuat kayak lagi ngapain? Bhahaha
Hapussaya siapnya taklid aja sob hehe....
BalasHapusAsal gak taqlid buta aja, sob! Hehehe
HapusIzin simak aja mas bro, lam kenal ya semoga sukses ?? AMIIN ...
BalasHapussilahkan, br0!
HapusAamiin...
Makasih do'anya, ea...
Slam.. gan, tau ga kitab karangan beliau yg khusus membahas ttg ijtihad Umar bin Khattab? terimakasih
BalasHapusSlam.. gan, tau ga kitab karangan beliau yg khusus membahas ttg ijtihad Umar bin Khattab? terimakasih
BalasHapus