Tela'ah Risalah Dalam Kitab Rosa'ilul Maqrizi
Maret 15, 2013Rosa'ilul Maqrizi |
Kalo yang gak pulang,
karna berasal dari luar daerah, paling banter mereka cuma nonton tivi
di warung luar pager sambil ditemenin segelas kopi yang di-eman-eman
banget abisnya. Ada juga yang demen ngobrak-abrik rak kitab yang
ditinggalin ama alumni mereka, kali aja ada kitab unik yang belom
mereka pelajarin. Atau gak sedikit juga yang ngejadiin Friday sebagai
Sleep Free Day (SFD). Tau gak apa bedanya Car Free Day (CFD) ama SFD?
Kalo CFD hari dimana gak boleh ada mobil alias bebas dari mobil, kalo
SFD, elo bebas tidur seharian! :)
Nah, dari SFD itulah gue
terbang ke Mesir (ngimpi). Ngomong-ngomong soal Mesir, gue jadi inget
salah satu kitab yang diterbitin di Kairo. Dimana kebanyakan kitab
gue kalo gak dari Beirut ya dari Semarang atau Surabaya. Gue jadi
inget ama kitab Rosailul Maqrizi buah karya dari intelektual muslim
asal Mesir, Ahmad bin Ali bin Abdul Qadir Abu Abbas Al-Husaini
Al-Abidi Taqiyyuddin Al-Maqrizi.
Tentang Penulis
Al-Maqrizi lahir pada
tahun 766 H / 1364 M dan wafat pada tahun 845 H / 1442 di Kairo.
Beliau dikenal sebagai seorang sejarawan Mesir. Beliau adalah orang
yang baik banget ingatannya dalam soal sejarah, tapi Beliau juga
manusia biasa yang punya kelemahan. Di antaranya adalah minimnya
pengetahuan al-Maqrizi ama tokoh-tokoh terdahulu. Beliau juga gak
terlalu nguasain ilmu Jarh dan ilmu ta'dil, yaitu
ilmu yang nerangin tentang cacat-cacat yang ditujuin pada para perawi
hadits dan tentang penta'dilannya (memandang lurus atau nganggep suci
sifat dan perangai para perawi) dengan make kata-kata khusus buat
nerima atau nolak riwayat mereka. [Ushulul Hadits hlm. 260 dan
muqoddimah kitab Al-Jarh Wat Ta'dil 3/1]
Akibatnya,
pandangan-pandangan Al-Maqrizi seringkali dicuekin ama para ulama,
bahkan gak sedikit juga yang ngeritik Beliau. Walopun sering gak
dianggep, karya-karya al-Maqrizi kehitung banyak yang pastinya hal
ini jelas nunjukin produktifitas Beliau dalam nulis. Yah, paling gak,
gue gak nyuekin kok... :) Di antaranya adalah kitab Darul 'Uqudul
Faridah fi Tarajumil A'yanil Mufidah, Imtina'ul Asma' bi ma lir Rasul
minal Abna' wa Akhwal wal Hafdah wal Mata', 'Aqdun Jawahirul Isfath
fi Muluk Mishr wal Fusthath, Al-Auzan wal Akyal Asy-Syar’iyyah,
dsb.
Buat gue, nobody perfect!
Gak dianggep di bidang ini, mungkin disanjung di bidang lainnya.
Meski Al-Maqrizi adalah sejarawan tapi Beliau juga banyak nguasain
disiplin ilmu di luar sejarah hingga Beliau juga bisa nampak sebagai
spiritualis kondang. Hal ini bisa kita liat dalam berbagai risalahnya
yang udah dikaji dan diedit oleh Ramadhan Al-Badri dan Ahmad Mushtafa
Qasim. Seengaknya ada 11 risalah al-Maqrizi yang dibukuin dalam kitab
berjudul Rosa'ilul Maqrizi ini.
Rangkuman
Kitab
Risalah pertama:
Tentang
pertikaian antara Bani Umayyah dan Bani Hasyim. Di sini Al-Maqrizi
maparin gimana Rasulullah SAW udah ngasih kekuasan wilayah Makkah,
Madinah dan Hadramaut buat Bani Umayyah. Di samping itu, dengan gaya
bahasa yang keren, Al-Maqrizi nyeritain kebengisan Abul 'Abbas,
pendiri khilafah Abbasiyah, yang dijulukin As-Saffah
(orang yang banyak ngalirin darah) [hlm. 13-82].
Risalah kedua:
Risalah kedua:
Tentang
kemurnian tauhid. Al-Maqrizi ngebeberin berbagai perbedaan dasar
antara tauhid dan syirik. Menurut Beliau, inti dari ketauhidan adalah
ngeliat bahwa segala sesuatu itu dari Allah dan musti nyuekin yang
selain Allah, nyembah Allah dengan sepenuh hati dan gak nyembah
selain Allah. Hal ini berarti larangan ngikutin hawa nafsu. Karna
setiap orang yang ngikutin hawa nafsunya maka dengan suka cita dia
udah ngejadiin hawa nafsu sebagai sesembahannya. Next, Al-Maqrizi
ngejelasin tentang 2 macam syirik yang nimpa umat, yaitu syirik
ilahiyyah
dan rububiyyah.
Syirik ilahiyyah
inilah yang umumnya dilakuin ama orang-orang musyrik. Kayak nyembah
berhala, malaikat, jin, dan orang-orang yang dianggep suci. Beliau
juga ngejelasin syiriknya kalangan Qadariyah dan ngarahin
pandangan-pandangan Qadariyah dan Jabariyah dengan santun dan
argumentatif. [hlm. 85-122]
Risalah ketiga:
Risalah ketiga:
Tentang
kabilah-kabilah badui yang ada di Mesir. Dalam risalah ini,
Al-Maqrizi ngemukain tentang macam-macam kabilah atau suku, klan,
trah dan marga. Beliau juga ngungkapin berbagai nama kabilah arab
yang masih punya harta benda ampe sekarang di penjuru propinsi Mesir
mulai dari utara ampe selatan. Di samping itu, beliau juga ngasih
kisah dengan alur sejarah yang indah tentang gimana kedatangan mereka
dari jazirah Arab ke tanah Arab pada umumnya dan Mesir secara khusus.
[hlm. 125-154]
Risalah keempat:
Risalah keempat:
Tentang
mata uang pada kuno. Dalam soal ini, sebenernya Al-Badri dengan
risalahnya yang berjudul “An-Nuqud”
udah ngedahuluin Al-Maqrizi. Risalah ini ngungkap tentang mata uang
jaman dulu yang berlaku pada awal-awal Islam, kekhilafahan Islam dan
Abbasiyah. Al-Maqrizi juga ngejelasin tentang dirham
baghli dan dirham
jawaz. Menurut Beliau,
dirham baghli
adalah mata uang yang berlaku di Persia. Di samping itu juga
dijelasin pengertian istilah awqiyyah,
rithl, daniq,
dan qirath.
Menurut al-Maqirzi, Di mana setiap khalifah nyetak mata uangnya
sendiri, sepertikayak apa yang dilakuin ama khalifah Usman bin Affan
yang nyetak mata uang dirham
berlogo tulisan Allahu Akbar.
[hlm. 157-175].
Risalah kelima:
Risalah kelima:
Tentang
keutamaan keluarga nabi lengkap ama dalil-dalilnya, baik dari
al-Qur`an maupun hadits. Dalam risalah ini, Al-Maqrizi juga nulisin
perbandingan antara ayat-ayat al-Qur`an dan tafsirnya yang diambil
dari berbagai sumber tafsir yang otoritatif kayak Al-Qurthubi dan Ibn
'Athiyah. Di sini kita bakal ngeliat gimana dengan piawainya
Al-Maqrizi ngebeber pada para pembaca, berbagai ragam pendapat para
ahli tafsir kenamaan. [hlm. 179-212].
Risalah keenam:
Tentang
berbagai hal kimiawi. Di antara yang dijelasin dalam risalah ini
adalah tentang metal atau unsur kimiawi yang berat, kayak emas,
perak, tembaga, timah, besi, dan seng. Di sini kita bakal ngeliat
gimana canggihnya Al-Maqrizi ngejabarin berbagai unsur kimiawi ampe
Beliau nampak kayak seorang ahli kimia yang handal. [hlm. 215-227].
Risalah ketujuh:
Tentang
raja-raja Islam di Habsyi. Dalam risalah ini, Al-Maqrizi ngejelasin
tentang negeri Habsyi. Apakah sama Habsyi ama Habasyah (Ethiopia) ?
Salah satu wilayah Habsyi adalah Zaila' yang dibagi jadi 7 kerajaan,
di antaranya adalah kerajaan Aufat, Hadiyyah, dan Daroh. Menariknya
lagi, kita bakal nemuin penjelasan gak langusng tentang kata bithriq
(pemimpin para uskup) dan kata hathiyy dalam
bahasa Habsyi yang
berarti sulthan dalam bahasa Arab. Juga dijelasin dalam risalah ini
tentang jenis aliran yang ada di Habsyi, kayak Al-Ya'qubiyyah dan
Al-Malakiyyah. [hlm. 231-244].
Risalah kedelapan:
Tentang
menggebu-gebunya jiwa buat ngelanggengin dzikir. Risalah ini termasuk
yang paling pendek, tapi isinya bener-bener menggugah jiwa. Karna
menurut Al-Maqrizi, orang yang utama adalah orang yang selalu
ngelanggengin dzikir. [hlm. 247-251].
Risalah kesembilan:
Tentang
akhir yang baik (husnul khatimah).
Gue pribadi tetep beranggepan sistematis, kenapa risalah ini gak
ditarok di urutan terakhir? [hlm. 255-264].
Risalah kesepuluh:
Tentang
teka-teki air. Udah agak adem dapet air di akhir-akhir risalah. Kita
bakal ngerti air, gak cuma dari segi hukum, tapi juga rumus empiris
kimiawi kayak yang diajarin di sekolah-sekolah umum. Gak nyangka kan
kalo kita bisa belajar kimia dalam kitab ini? :) [hlm. 267-276].
Risalah
kesebelas:
Tentang
lebah atau tawon. Inilah risalah yang bagus banget ampe banyak
menarik berbagai kalangan buat mempelajarinya. Dalam risalah ini,
Al-Maqrizi ngejelasin gimana tawon yang bagus, sifat-sifatnya dan
nama-namanya, serta berbagai macam jenis madu. [hlm. 279-342].
Semua
risalah yang ditulis Al-Maqrizi dalam rangkuman di atas cukup
nunjukin bahwa Beliau adalah intelektual muslim multidimensi yang
banyak tau berbagai hal. Beliau gak cuma nguasain pengetahuan
keagamaan, tapi juga nguasain berbagai pengetahuan non-keagamaan,
kayak ilmu kimia dan kemasyarakatan. Emang jarang banget ada
intektual yang banyak nguasain berbagai disiplin ilmu pengetahuan
kayak Beliau ini. Cuma yang gue sayangin, baiknya gak ada acara
cuek-cuekan di antara para ulama, lebih baik mereka bersatu buat
kejayaan Islam. Gak di jaman dulu, gak di jaman sekarang. Apa yang
lebih indah daripada persatuan dan kebersamaan. So, mari kita
nyelamin kedalaman ilmu Al-Maqrizi dengan ngebaca risalah-risalahnya.
Di situlah kita bakal ngerasain kekaguman yang luar biasa, pada para
cendikiawan Islam dan agama Islam tentu aja. :)
Wiken
tetep aja wiken, pastinya buat elo yang ngerayain. Apakah itu sesuatu
yang patut dirayain? Yups! Tentu aja! Karna gue demen banget ama yang
namanya Free Day. Gak cuma hari libur, tapi juga di mana gue bisa
sharing tentang KitabKuning ama elo semua. Happy Blogging 'n Keep On
Fire, eaaa...
Wassalaam...
:)
Tentang Kitab
Judul : Rasa`il al-Maqrizi
Penulis : Taqiyuddin al-Maqrizi
Penerbit : Dar al-Hadits-Kairo
Penulis : Taqiyuddin al-Maqrizi
Penerbit : Dar al-Hadits-Kairo
Cetakan : 1427 H / 2006 M
Tebal : 368 halaman
Tebal : 368 halaman
26 komentar
mungkin krn jamannya syeh Maqrizi ini yg populer adalah ilmu hadis, atau yang dikultuskan di Jaman beliau hanya org2 yg ahli dl ilmu hadis, bukan org2 ahli sejarah, terbukti kalau beliau kurang menguasai jarh dan ta'dil yg malah dianggap minim pengetahuan org2 terdahulu, maka banyak ulama lain yg menganggap sebelah mata tentang karya2nya yg sbenernya JOS GANDOS ini..
BalasHapuscoba beliau hijrah ke negara lain yg lbh menghormati tnt disiplin ilmu lain sperti sejarah, biologi dan kimia, pasti beliau namanya akan seharum ibnu sina, alfarrabi, alkhawarizmi, dsb..
bener juga sih, us! atau mungkin bisa juga hadirnya di jaman sekarang? ya kan? pasti keren! ^_^
Hapuspanggil saja arwahnya.. biar gentayangan!
Hapus#gaya dianSastroWArdoyo
panggil aja uswah! Biar ngasih ceramah!
Hapus;gaya dian pisesa
ngampil kitabe kang..
BalasHapusgak boleh, dong! :0
Hapusaku belajar agama seumur hidup.. ternyata masih byk kurangnya
BalasHapusseumur hidup? orang gak tau kapan batas umurnya, pas... so, truslah belajar! :)
Hapusbaca artikelnya dulu , makasih ilmu islamnya
BalasHapussilahkan, mbak...
Hapusmakasih kunjungannya... ;)
Melihat risalah satu ampe sebelas menunjukkan mushonifnya kaya akan khazanah ilmu ya sob, luar biasa kitabnya...tapi saya belum baca loh hehe...
BalasHapushehe, iya kang! Moga kita bisa ngambil manfaat dari risalah2 tsb...
HapusAamiin
sebenarx ada benang merah antara Ilmu sejarah dan ilmu jarh wa ta'dil, dilihat dr samanya mempelajari keadaan dr zaman ke zaman. cumax ruang lingkup penelitian jarh wa ta'dil lbh kpd intensif meneliti keadaan person per person (org2 dlm rel sanad) klo sejarahkan luas, bukan hny person tp keadaan zaman saat itu.
BalasHapusklo kita search2 di google Al-Maqrizi ini dikenal jg sebagai Bapak Ekonomi.
Pada jaman itu emang penulusan hadits lagi genjar2nya, kang! Ulama yg gak nguasain jarh wat ta'dil, bisa jadi emang dipandang sbelah mata. *smile
Hapusthanks buat tambahan refrensinya ea.. ;)
met siang mas trmksih bnyak mas kunjungan siang di kasih pencerahan yang sangat bermanfaat sekali. oh'y mau nganterin gelas kopi kemarin mas hehehe
BalasHapusWah, gue gak ngopi siang2 mas... But, thanks ea buat kunjungannya... :D
Hapusbrmanfaat sob...
BalasHapusnambahin ilmu agama....
aamiin, moga manpaat ya sob! :)
HapusWaduuuh, aku jarang nih baca kitab-kitab kayak gini. Jadi malu sendiri. Mantab nih... makasih share nya :)
BalasHapusHai, wur! Tumben baru nongol, kmn aja? Gak usah malulah, kita kan sama2 blajar! Oke?! :)
Hapus.. waduch,, bagaikan bintang di atas yang sulit untuk aq gapai. huhh ..
BalasHapusapanya yg sulit digapai, pie? Matahari pun bisa kita gapai, kalo kita gk takut gosong! Bhahaha
Hapusterimakasih sharenya..ternyata banyak blogging dan bw mengunjungi sahabat-sahibit blogger yang mengulas tentang dunia ke Islaman, semakin menunjukkan bahwa pengetahuan saya tentang dunia Islam masih sangat sedikit banget..... :-)
BalasHapuskita smua sma2 blajar kok, sob! Gue pun cuma ngeshare apa yg gue tahu. Begitu pun sobat, silahkan dishare apapun yg sobat tau. :)
HapusAssalamualaikum wr wb,,ya sebetulnya mau belajar ilmu apa saja itu gak ada sulitnya sich,,asal kita punya niat yang tulus dari hati nurani,,,bukan karna nafsu,,yg menjadi minimnya pengetahuan kita sedikit adalah,,keterbatasan kita dengan ilmu agama,karna di sbukkan dengan kegiatan lain ,,,iyakan,dan sering kitasharing adalah,kalau dirinya sdh merasa lebih pintar,itu timbulnya, sllu akan meremehkan orang lain,,nah di situlah kesombongannya,,,jadi intinya,,kalau mau bljr ilmu ALLAH harus dengan perasaan,kesabaran kash sayang,dan lain sbginya,,pandanglah diri kita sendiri,jangan memandang orang lain..kembalilah kepada,,LAAHAULA WALA QUWATA ILABILLA HIL ALAYYIL ADZIM.. artinya ; berkacalah kita semua pada diri kita sendiri,jangan berkaca pda diri orang lain,,,...wassalam
BalasHapusWa 'alaikum salam wa rohmatullahi wa barokatuh!
HapusSyukron jiddan buat sharingnya, Sob! Itulah kenapa kita musti menganut ilmu padi, makin berisi makin merunduk. Agar gak timbul kesombongan ketika kita merasa berilmu. Atau merasalah selalu bodoh dan terus belajar! Dan ingat gimana asal kita yg awalnya gak tau apa-apa. Sesungguh hanya Allah yg Maha Tau!
Salaam... ^_^