Metode Dan Etika Belajar Mengajar
Maret 22, 2013Kitab Ta'lim |
Bicara tentang metode
belajar, pastinya gak bisa dilepasin dari pelaku pendidikan (guru &
murid). Nah! Kali ini gue bakal ngeresensi sebuah kitab tentang
metode belajar yang berjudul Ta’limul Muta’allim Thariqut Ta’allum (metode belajar mengajar buat pelajar). Apa hubungan
antara metode belajar dan etika pelajar terhadap guru? Apakah itu
berlaku dalam lingkungan kampus spiritual atau kampus konvensional?
Slow down, sob! Pelan-pelan elo bakal nemuin jawabannya.
Di
TV gue liat, di antara berita-berita kriminal dan gosip selebriti
yang disajikan, ada juga kegiatan sekolah dan kampus yang diliput.
Mustinya itu bikin kita lega kalo aja kegiatan yang diliput bukan
tawuran antar pelajar atau kekerasan di lingkungan instansi
pendidikan. Tapi sayang, gak laen gak bukan, emang itu yang
ditayangin. Gimana perasaan ortu yang ngeliat anaknya jadi bintang
tawuran? Apakah “WOW! Anak gue masuk tipi!” ? Atau apakah para
ortu nyalahin metode belajar yang diterapin?
Di lingkungan pesantren
tradisional, yang nekanin pemahaman pada kitab-kitab salaf,
seolah-olah kitab Ta’limul Muta’allim Thariqut Ta’allum
merupakan kitab kedua setelah Al-Qur’an. Studi seorang santri
dianggep belom menuhin syarat kalo dia belom ngaji kitab ini. Karna
isi dan penyajiannya yang sedemikian rupa, kitab tsb sering disebut
sebagai “Buku Panduan Menjadi Kyai/Guru”. Sedang
di kalangan pesantren modern yang penekanan terhadap kitab-kitab
salaf agak kurang, kitab Ta'lim (begitu biasanya disebut) ini nyaris
gak populer, bahkan gak dikenal sama sekali. Dan gue pikir pengaruh
kitab ini yang sedikit ngebedain “penampilan” antara alumnus
pesantren tradisional dengan alumnus pesantren modern. :)
Di
beberapa negara Timur Tengah, khususnya Arab Saudi, kitab ini juga
gak disebut-sebut. Tapi usaha seorang Doktor lulusan Jerman (namanya gue lupa) yang
ngedit dan ngeritik kitab Ta'lim, ngebukti'in bahwa kitab ini masih
diperhati'in orang.
Tentang
Penulis
Kitab
Ta’lim yang
beredar di Indonesia umumnya dicetak dengan syarah
atau komentar-nya yang
ditulis ama Syeikh Ibrahim bin Isma'il. Sedang kitab Ta’lim
itu sendiri ditulis ama
Syeikh Al-Jarnuji. Baik kitab Ta’lim maupun
Syarah-nya gak nyebutin identitas al-Jarnuji. Hal ini cukup bikin
pusing kajian kitab tsb, karna kita gak tau gimana keadaan pada waktu
kitab ini ditulis dan sejauh mana hal itu ngaruh ama relevansi kitab
dan keadaan jaman sekarang.
Dalam Al-Munjid nama Al-Jarnuji ada disebut tapi singkat banget. Yang agak ngebantu adalah keterangan yang gue temuin dalam kitab Al-A’lam karya Al-Zarkeli. Ditulis di situ bahwa Al-Jarnuji adalah An-Nu'man bin Ibrahim bin Khalil Al-Jarnuji Tajuddin. Beliau adalah sastrawan (adib) yang berasal dari Bukhara. Semula berasal dari Zarnuj, suatu kawasan di negeri seberang sungai Tigris (ma wara`a an-nahr). Selaen kitab Ta'lim, Beliau juga nulis kitab Al-Muwadhdhah Syarhul Maqamatul Haririyah. Beliau wafat pada tahun 630 H/ 1242 M.
Al-Zarkeli
gak nyebutin di mana Al-Jarnuji tinggal, tapi secara umum al-Jarnuji
hidup pada akhir periode Daulah Abbasiyah, sebab Khalifah Abbasiyah
terakhir (al-Mu’tashim) wafat pada tahun 1258 M. Ada kemungkinan
Beliau tinggal di kawasan Irak atau Iran, Bebab beliau juga tau
syair-syair Parsi di samping banyaknya contoh-contoh peristiwa pada
masa Abbasiyah yang Beliau tulis dalam kitabnya.
Tentang
Etika
Kitab
kecil yang juga disebut Risalah ini,
ama pengarangnya dimaksudin sebagai buku petunjuk tentang metode
belajar bagi santri, kayak yang kebaca dari judulnya. Tapi kalo
dikaji isinya, metode belajar yang diarepin ketemu dikit banget. Di
antara 14 bab (fashlun) dalam kitab ini, ternyata cuma satu bab aja
yang ngebahas tentang metode belajar. Selebihnya bakalan bnayak kita
temuin tentang keutamaan ilmu, etika santri terhadap guru, motivasi
belajar, pilah-pilih ilmu, guru, dan kawan, ngemulia'in ilmu dan ulama,
dll. Bahkan ngejelasin hal-hal yang dianggep bisa mempercepat rizki,
karna belajar gak bisa dipungkirin lagi, pastinya ngebutuhin hal itu
(biaya, ongkos, fee). Dan gue pikir, bagian inilah yang
paling banyak ngasih dampak. Di lingkungan pesantren, santri yang gak
sopan terhadap guru, dia bakal segera dibilang “Gak pernah ngaji
kitab Ta’lim ya,
Bray!?” Dan karna pengarangnya seorang sastrawan, so petuah-petuah
dalam kitab ini banyak diambil dari syair-syair Arab, mahfudhoh,
maqolat, dsb.
Well! ternyata persoalaannya gak cuma berhenti di situ, sob! Al-Jarnuji yang nyebut kitabnya sebagai metode belajar, sedangkan kajiannya banyak ngebahas etika. Tiba-tiba timbul pertanyaan, apakah etika itu sendiri merupakan salah satu metode buat ngeraih ilmu? Nah! Gue liat di kalangan pesantren ada kecenderungan buat nge-klaim bahwa etika santri, terutama kepada gurunya, merupakan salah satu perangkat buat ngedapetin ilmu. Kisah-kisah santri – yang pada waktu nyantrinya jadi khadam (abdi ndalem) -nya kyai, jadi tukang ambil air, tukang pijet dll, yang ujug-ujug setelah boyong (pulkam) muncul sebagai kyai yang alim – adalah cerita yang ngetop banget di kalangan pesantren, semata-mata karna keluhuran spiritual seorang kyai atau pendiri pesantren tsb (kita nyebutnya; “berkahe kyai/wong alim”). Bagi mereka, masalah metode belajar gak jadi soal, yang penting setelah sekian lama nyantri, entar kalo boyong bakal muncul sebagai kyai yang alim berkat 'barokah' dari kyai tsb.
Adanya barakah sebenernya gak usah dipersoalin. Karna pengertian barokah adalah kebaikan atau manfaat yang berkembang. Dan dalam hal ini, doa para kyai dan guru buat para santrinya bisa disebut barakah. Harapan santri buat ngedapetin barokah mestinya gak ngurangin usahanya dalam belajar secara lahiriah. So, santri dalam satu saat harus nyatu'in antara usaha (ikhtiar) dan doa. Biar gak ilang hakekat “Iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'in” kita. Berharap, minta tolong cuma pada Allah. Nyembah, ibadah cuma buat Allah. Gak ada pengkultusan selaen Allah!
Persepsi
Subyek
Salah
satu bagian dari petuah-petuah kitab ini —dan ini yang paling
ngaruh, kayak yang gue beber di atas— adalah keharusan seorang
santri buat total respect pada gurunya, gitu juga orang-orang yang
punya pertalian darah ama guru, kayak anaknya guru dll. Secara
khusus, Al-Jarnuji nyitir ucapan Sayidina Ali,
“Ana ‘abdu man ‘allamani harfan, in sya`a ba’a, wa in sya`a a’taqa wa in sya’a istaqarra” (Aku adalah budak bagi orang yang pernah ngajarin satu huruf padaku, terserah dia kalo mau menjualku, memerdekakanku, atau tetep memperbudakku).
Al-Jarnuji
juga ngasih rincian beberapa cara ngehormatin guru, antara lain;
santri gak boleh berjalan di hadapan guru, gak boleh duduk di tempat
duduk guru, gak boleh ngedahuluin ngomong tanpa izin guru, gak boleh
banyak bicara ama guru, gak boleh nanya'in hal-hal yang guru udah
bosen, gak boleh ngetuk pintu ruangan guru tapi mesti nunggu ampe
guru keluar sendiri. So, santri harus selalu nyari kerelaan gurunya
(gak bikin sakit hatinya) dan matuhin segala perintahnya, sepanjang
itu bukan hal maksiat.
Rincian inilah kayaknya yang nimbulin persepsi penyerahan total seorang santri pada gurunya. Apalagi kalo diinget adanya bayang-bayang, ilmunya gak bakalan manfaat kalo dia pernah berbeda pendapat (i'tiradh) ama gurunya atau pernah nyakitin hati gurunya. Persepsi ini, meski punyai nilai positif, tapi bisa juga nyebabin dampak yang kurang diarepin. Sebab, santri harus selalu bersikap nerima tanpa berani bersikap kritis. Dan kerennya, meskipun hal itu cuma dibahas dalam rangka belajar, tapi implementasinya justru tampak di luar itu. Persepsi “kerelaan guru (apa kata guru dan murid harus terima)” udah melembaga dalam kehidupan masyarakat secara luas.
Rincian inilah kayaknya yang nimbulin persepsi penyerahan total seorang santri pada gurunya. Apalagi kalo diinget adanya bayang-bayang, ilmunya gak bakalan manfaat kalo dia pernah berbeda pendapat (i'tiradh) ama gurunya atau pernah nyakitin hati gurunya. Persepsi ini, meski punyai nilai positif, tapi bisa juga nyebabin dampak yang kurang diarepin. Sebab, santri harus selalu bersikap nerima tanpa berani bersikap kritis. Dan kerennya, meskipun hal itu cuma dibahas dalam rangka belajar, tapi implementasinya justru tampak di luar itu. Persepsi “kerelaan guru (apa kata guru dan murid harus terima)” udah melembaga dalam kehidupan masyarakat secara luas.
Dalam kaitannya dengan tradisi keilmuan, kalo kita tengok masa-masa jauh sebelum Al-Jarnuji, misalnya periode imam-imam penegak madzhab, kita bisa dapet gambaran bahwa mereka gak selamanya sependapat dengan ama gurunya. Bahkan, di antara mereka ada yang ngediri'in madzhab sendiri, terpisah dari madzhab gurunya. Jauh sebelom itu, Umar bin Khathab pernah juga diprotes ama seorang wanita yang juga sebagai muridnya. Kalo petuah al-Jarnuji di atas jadi kriteria, sebenernya gurulah yang harusnya elastis dalam mengkonotasikan kerelaannya. Sebab, boleh jadi seorang guru ngerasa tersinggung (tidak rela) apabila si murid berbeda pendapat dengannya. Sedangkan guru lain justru ngerasa bangga, bahkan ngasih dorongan biar si murid berpendapat lain selama hal itu berdasar pada argumen yang kuat.
Tentang
bayangan bahwa ilmu seorang santri gak bakalan manfaat kalo dia
pernah nyakitin hati gurunya, juga perlu direnungin lagi. Apakah
batasan manfaat dan dalam hal apa murid gak boleh nyakitin hati
gurunya? Karna ternyata banyak murid yang sewaktu belajar pernah
ngelakuin ‘unjuk rasa’ terhadap gurunya, tapi malah jadi ulama'
besar setelah terjun di masyarakat.
Perluasan
Obyek
Kepatuhan
mutlak kayak tsb di atas umumnya masih berlaku di kalangan murid atau
santri tingkat Tsanawiyah ke bawah (SMP-SD). Buat yang udah tingkat
Aliyah (SMA), apalagi perguruan tinggi, keadaan di atas meluas dalam
bentuk lain. Masalahnya bukan karna mereka gak patuh lagi pada
gurunya, tapi pada tingkat ini usaha penalaran mulai dikembangin.
Murid gak lagi sekedar nerima pelajaran yang udah pakem kayak fiqih
dsb, tapi dikenalin juga sumber-sumber atau dalil-dalil pelajaran
tsb. Dari sini mereka mulai ngenal proses terbentuknya fiqih yang
kenal dengan “ushul fiqh”. Karna tujuan ushul fiqh adalah ngekaji
sumber dan cara pengambilan hukum, maka secara praktis dia pengen
biar manusia gak cuma bersikap taklid (nerima apa adanya tanpa tau
sumbernya). Disinilah murid mulai berani nanya'in keabsahan suatu
hukum pada gurunya, mulai kritis, tapi tetep gak ninggalin
penghormatan pada guru. Umumnya, pada tingkat ini guru cukup
ngehargain sikap murid-murid yang demikian.
Akhirnya
kita tau kalo obyek penerapan kitab ini gak cuma santri di kalangan
pesantren aja. Kita yang belajar di instansi pendidikan formal juga
bisa ngambil intisari dari kitab ini.
Keseimbangan
(Tawazun)
Kitab
Ta’lim
karangan Al-Jarnuji ini lebih tepat disebut sebagai kitab yang
ngebahas etika santri terhadap gurunya, dari pada sebagai kitab
metode belajar, kecuali kalo kita sependapat bahwa etika itu sendiri
merupakan metode. Tapi etika yang dimaksud oleh kitab ini lebih
banyak diwarnai oleh keadaan pada waktu kitab tsb ditulis, kayak bisa
diliat dari banyaknya contoh-contoh yang bersifat lokal. Tanpa
ngrangin etika yang mau ditanamkan oleh Al-Jarnuji, abis ngaji kitab
ini, tambah oke kalo murid ngelanjutin kajiannya pada kitab-kitab
ushul fiqh. Dengan demikian, murid bisa punya kelebihan dobel,
kemampuan berfikir longgar dan etika yang terpuji. Kedua kelebihan
ini perlu diwujudin secara berimbang (tawazun). Sebab sikap kritis
yang gak diimbangin ama etika bakal bikin repot para guru dan
pengelola pendidikan, sedang keluhuran etika tanpa dibarengi sikap
kritis sering nimbulin kesalahpahaman.
Mungkin
itu, sob! Yang bisa gue share di Jum'at ini. Hidup emang selalu nyari
“balance”, kan? Terserah elo mo ngarti'in apa! Satu hal ama hal
laennya musti seimbang. Karna gak enak banget kalo timpang atau berat
sebelah. Wiken kita di depan mata. Lalui itu dengan seimbang! Selalu
belajar dan tetap semangat. Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam...
:)
Tentang
Kitab
Judul
: Ta’limul Muta’allim Thariqut Ta’allum
Penulis
: An-Nu'man bin Ibrahim Al-Khalil Al-Jarnuji
Penerbit :
Darul Kutub Al-Islamiyyah
Tebal
: 96 hlm.
41 komentar
habis baca ini, aku langsung subuhan.hehehe pas banget
BalasHapuspas juga, pas! abis bales komen elu, gue langsung cabut ke mushola... hehehe
Hapuskebanyakan sih sekarang di sekolah sekolah itu, guru guru cuma pengen anak anaknya ga ribut ketika ngajar, dan anak anak juga lebih males untuk interaktif dalam proses belajar, (meskipun cuma di sma deket rumah ane aj gan) kritis tapi beretika, jarang kayanya tuh
BalasHapusso, disinilah pendidikan spiritual dan akhlaq jadi amat penting banget sekali! gak cuma formal dan formal ajah.... :)
Hapusthanks kunjungannya, sob...
met pgi sobat wah terimakasih bnayk mas info dan ilmu yng telah di berikannya smga sukses selalu sobat
BalasHapussama-sama, sobat! :) moga manfaat buat kita semua...
Hapushaduh aku gak katam ngaji kitab ini mas, hehehe
BalasHapuskalau kitab alala katam tapi sekarang sudah lupa,
maklum ngaji saya kelas tempe, kelas ibtida'
sayang bgt! knp gak dikatamin, mas...
Hapuskelas tempe? gak lah..! ibtida' tu awal dari sesuatu... karna dari sinilah sesuatu terbentuk jadi sesuatu yang lebih! :)
hehehe.. aku sekarang ngajar kitab ini.. dulu namatin kitab ini pas SMP kelas 2, dan dulu aku semangat banget ngaji kitab ini.. dan masih hapal beberapa baitnya yg populer juga cerita2nya yang WOW, seperti cerita imam syafii dan kyai waqi', cerita syekh yang dawamul wudlu meskipun dalam keadaan sakit, sayyidina Ali yang rela dijadikan budak oleh seseorang yang megajarinya satu huruf, bait alala tanalul ilm, dsb..yang pasti kitab ini dibutuhkan bukan cuma buat anak pesantren yang ingin tawadduk dan ilmunya manfaat barokah, tapi kitab ini dibutuhkan buat anak2 sekolah yang semakin rusak akhlaknya, tidak tawaddu' pada guru dan banyak yang kurang ajar pada guru.. makany orang2 sekarang ilmunya tinggi2 tapi akhlaknya rendah, ilmu memang tidak selalu berbanding lurus dengan akhlak.. sukses terus sak, ditunggu reviewan yang kayak beginih :D
BalasHapusajari aku alala tanalul 'ilma bisittatin mbak uswah..
Hapususwah: wow banget kan, us??! hehehe, apalagi sekarang dah sampe pada muta'allim-nya... dan itu yang bikin gak bakalan lupa... belajar dan mengajar! :) nah, sbg guru, so akhlaq anak2 sekarang gue serahin ke eloh~
HapusAgus: iya tuh minta ama bu guru uswah! hehehe
Kalau soal ngebahas beginian udah nggak di raguin lagi deh admin blog ini. Manteeeep bagi-bagi ilmu.
BalasHapusheiiii... thanks ya zay... :) ^_^
HapusMetode dan etika belajar memang harus dan wajib dicontohkan dan implementasikan dari pendidik ke anak didiknya,apalagi sekarang ini moral dan tindakan perlu ditingkatkan kembali.Kalau dahulu seorang anak didik lebih menghormati guru atau dosennya nah kalau sekarang rasa hormat itu sendiri agak kurang dilakukan.Mungkin inilah zaman semakin maju maka semakin berkurangnya moral dan menghormati orang yang lebih tua diatas kita.
BalasHapusitulah kenyataan yang terjadi, sob! tapi kita tetep gak boleh nyalahin jaman yang berubah, karna kitalah sebenernya perubahan itu sendiri! ^_^
Hapuskalo ttg etika santri thd guru, apa yang dibahas ya? Sama dengan yang umum (sekolah umum) kah?
BalasHapusgak sama dg sekolah umum, bu! tapi lebih spesific dan lebih mendalam... harusnya sekolah umum juga mengambil isi kitab ini! ^_^
Hapusjadi inget waktu di pondok
BalasHapushehehe, iya... :)
Hapuskoq jd spechless yak :D
BalasHapuskenapa yak? :)
Hapusmetode belajar mengajar yang perlu diterapin :D
BalasHapussipp... :)
Hapusindonesia raya gituloh...
BalasHapuskalo lomba kemampuan akademis sepinya kaya kuburan
beda kalo kontes ratu ratuan apa lomba jadi artis instan
hingar bingarnya minta ampun...
yoyoi! setuju, bang! padahal tahun depan gue pengen ikut G Faxtor... bhahaha
HapusUlasannya detil banget, trims Eksak. Jadi tau ttg kitab ini deh, soalnya blm pernah tau sebelumnya. :)
BalasHapusSak, kirim alamat kamu ke hp or emailku ya. admin@alaikaabdullah.com
sama-sama, Al... hehehe...
HapusMantab banget ini gan, lengkap artikelnya dan sumbernya jelas...
BalasHapusSalam kenal ya... :D
makasih dah berkunjung, gan... slam kenal juga... :)
HapusZupeerr Zekaliii.... :D
BalasHapusKritis tapi tetap berpegamg pada akhlaqul karimah.
Ngonow, kang? ^^a
yo yo yo... bener banget kui, kang! zalam zuper pak samar!!!
Hapustotal respect kepada guru. spertinya ini yang sudah mulai berkurang atau sudah mulai hilang dalam prilaku siswa-siswi di indonesia, jadi jangan heran kalau tawuran semakin menjadi-jadi :-)
BalasHapusyahhh, gue sih gak heran sob! cuma ngeriiii... ihhhh!!!
Hapusini ada e-booknya gak gan ? ane mbaca pusing ..hehehe
BalasHapusgak ada dong gan! hehehe
Hapusnice post.. salam kenal ya gan.. kunjung balek :D
BalasHapussalam kenal juga, gan! ")
Hapusinsya Allah....
mantab nih gan artikelnya. jadi tambahan ilmu baru tentang akhlakul karomah
BalasHapusmakasih atas kunjungannya, gan... :)
Hapusini kitab fav. kuu hhe...
BalasHapussubhanAllah sekali penjelasannya,
Jleb banget dh kalau abis belajar kitab2 kuning tuh :)
makasih udah nyempetin baca, Sob! :)
Hapus